RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 15 Palembang
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VIII 1
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi :
1. Memahami bentuk aljabar, relasi fungsi,
dan persamaaan garis lurus
Kompetensi
Dasar : 1.1 Melakukan operasi aljabar
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 1 x pertemuan )
Indikator : Menyelesaikan perpangkatan pada bentuk aljabar
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat menyelesaikan perpangkatan
bentuk aljabar
B.
Materi
Pembelajaran
Materi pokok : Faktorisasi Bentuk Aljabar
Sub materi : Pemangkatan bentuk Aljabar
Materi ajar :
Terlampir
C. Metode
Pembelajaran
Ekspositori
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
Introduksi :
Guru mengecek kehadiran peserta didik
Guru mengecek kehadiran peserta didik
Apersepsi:
Mengingat kembali sekilas materi perkalian
dengan bentuk aljabar
Motivasi:
Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan
masalah yang berhubungan denganperpangkatan bentuk aljabar, dan dapat
mempermudah dalam mempelajari materi selanjutnya.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi:
1.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
2.
Guru menjelaskan arti perpangkatan bentuk aljabar
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi:
1.
Guru memberikan latihan
soal kepada peserta didik sebagai tugas individu
2. Guru bersama peserta didik mengerjakan latihan
soal
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum dipahami peserta didik
2. Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
1. Membimbing peserta didik membuat kesimpulan materi
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik pada buku paket matematika
3. Menginformasikan kepada
peserta didik bahwa pertemuan selanjutnya akan membahas pembagian bentuk
aljabar
E. Media
dan Sumber Belajar
Media : Carta
Sumber Belajar : Buku Matematika jilid 2A untuk SMP kelas VIII semeter 1, karangan M. Cholik Adinawan sujino,penerbit Erlangga dan Buku matematika.
Sumber Belajar : Buku Matematika jilid 2A untuk SMP kelas VIII semeter 1, karangan M. Cholik Adinawan sujino,penerbit Erlangga dan Buku matematika.
F. Penilaian Hasil Belajar
Teknik/jenis : tes tertulis
Bentuk
instrumen : uraian
Instrumen/soal :
No
|
Indikator
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
2.
|
Diberikan sebuah bentuk aljabar,
siswa dapat menentukan pemangkatan bentuk aljabar
Diberikan sebuah bentuk aljabar,
siswa dapat menentukan pemangkatan bentuk aljabar
|
Tentukan hasil pemangkatan berikut
ini!
Tentukan hasil pemangkatan berikut
ini!
|
= ( (
=
=
=
= 1 + 2 + 1
= + 2 (4x) (-3y) +
= 24xy
=
1 + 3 + 3 + 1
= + 3 + 3 + )
= 3
|
15
10
15
10
10
10
5
10
10
5
|
|
Jumlah
|
100
|
Nilai akhir =
Palembang,21Agustus 2013
|
|
Mahasiswa
|
Guru Pamong
Lily Jodikin,
S.Pd
NIP 196608191989032005
|
|
Asaroh
NIM. 332010139
|
Mengetahui,
Kepala SMP N. 15 Palembang
Drs.Mursal
NIP.195803181985031007